Informasi Tempat Wisata Indonesia

Post Top Ad

Jumat, 31 Maret 2017

Baturaden Purwokerto – Wisata Menarik Untuk Berlibur Bersama Keluarga

Baturaden Purwokerto – ketika Anda bingung mencari suasana berbeda untuk menghilangkan rasa penat dari rutinitas sehari-hari, atau sekadar mencari tempat berlibur bersama keluarga, maka Anda bisa datang ke kawasan wisata Baturaden yang ada di Purwokerto. Kawasan wisata ini mengolaborasikan unsur wisata alam dengan wahana bermain, sehingga tempat wisata ini sangat cocok dijadikan tempat untuk mengisi waktu liburan Anda. Lebih-lebih lokasinya sangat mudah dijangkau, karena memang lokasinya tidak jauh dari pusat kota, kurang lebih 15 Kilometer arah utara kota Purwokerto. 

Tempat wisata Baturaden Purwokerto selain pemandangannya yang indah dan juga banyaknya wahana bermain juga sarat akan legenda. Nama “Baturaden” itu sendiri diambil dari legenda tentang sepasang kekasih antara seorang laki-laki yang hanyalah seorang pelayan (batur) dan seorang wanita dari kalangan bangsawan (Raden). Keduanya bernasib sial karena hubungan mereka tidak direstui oleh orangtua si wanita yang juga majikan dari si laki-laki. Akhirnya, keduanya memutuskan untuk melarikan diri. 


Dalam pelariannya itu keduanya menjumpai sebuah daerah yang memiliki panorama alam yang indah. Mereka pun takjub, dan memutuskan untuk tinggal di tempat tersebut. Seiring berjalannya waktu, tempat mereka tinggal semakin berkembang, dan masyarakat sekitar kemudian menamai tempat tersebut dengan sebutan “Baturaden.” 

Itulah sedikit kisah tentang penamaan tempat wisata yang indah ini. Di tempat wisata Baturaden Purwokerto ini kita bisa melihat keindahan kota Purwokerto dari atas ketinggian. Tidak hanya itu dari puncak tempat wisata ini kita juga bisa menikmati indahnya Pulau Nusa Kambangan, dan pantai-pantai indah yang ada di Cilacap. 

 Pancuran 7 Baturaden Purwokerto 

Di lokasi wisata Baturaden Purwokerto ini ada satu spot wisata yang cukup terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan, yakni Pancuran 7 dan Pancuran Telu. Kedua pancuran tersebut terbentuk dari aliran air panas yang berasal dari Gunung Slamet dan memiliki suhu kurang lebih 70 derajat celcius.


Aliran air panasa ini membentuk sebuah cekungan menyerupai air terjun berjumlah 7 buah, sehingga masyarakat sekitar menamainya dengan nama “pancuran pitu.” Air panas yang mengalir di Pancuran 7 Baturaden ini mengandung belerang sehingga diyakini dapat membantu mengobati berbagai macam penyakit. Untuk mencapai lokasi pancuran pitu bisa Anda tempuh dengan berjalan kaki dengan jarak sekitar 5 kilometer dari pintu masuk Baturaden Purwokerto

Di pancuran pitu ini juga, Anda bisa menikmati sensasi air berendam air panas sembari menikmati keindahan alam pengunungan yang sejuk menyegarkan. Namun, Anda tidak boleh berendam terlalu lama, maksimal 15 menit. Hal ini tercantum dalam papan peringatan yang ada tidak jauh dari lokasi. Meski tidak bisa berendam lama-lama di pancuran pitu, tapi Anda bisa menikmati sensasi lainnya dengan mencoba pijat sulfur yang banyak tersedia di area pemandian. Untuk bisa menikmati pijat sulfur ini Anda akan dikenakan biaya Rp7.500 dengan durasi waktu 15 menit. 

Telaga Sunyi Baturraden 

Dari namanya, Anda pasti membayangkan jika tempat wisata ini sangat sepi dan jauh dari keramaian. Pendapat Anda ini tidaklah salah, sebab objek wisata Telaga Sunyi memang jauh dari keramaian dan tidak seramai objek wisata Baturaden. Berjarak kurang lebih 2.8 Kilometer dari lokasi wisata Baturaden atau dari terminal ke arah timur, objek wisata ini bisa Anda kunjungi baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. 


Suasana Telaga Sunyi ini sangat hening dan jauh dari keramaian, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tempat refresing. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam yang masih asri, hijau sejuk dan air dingin yang menyegarkan. Untuk bisa memasuki objek wisata telaga sunyi ini, Anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp13.000 per-orang dan parkir Rp3.000 untuk kendaraan roda dua.
Taman Kaloka Widya Mandala Baturraden 

Tempat wisata ini berupa kebun binatang mini yang bisa dijadikan sebagai sarana belajar anak dan remaja. Di tempat ini Anda akan menemukan berbagai jenis hewan unik dan langka yang sengaja di datangkan dari berbagai daerah di Indonesia. Hewan-hewan itu antara lain, Harimau Sumatra, Buaya Irian, Orangutan Kalimantan, dan berbagai jenis hewan yang didatangkan dari luar negeri. 

Nah, jika Anda ingin mencari tempat wisata edukasi yang nyaman untuk mengisi liburan bersama keluarga, maka Taman Kaloka Widya Mandala Baturaden ini bisa menjadi tujuan Anda. Di tempat ini, selain bisa melihat-lihat aneka jenis binatang, ada juga sebuah museum yang digunakan untuk menyimpan berbagai jenis satwa langka. 

Teater Alam Baturaden

Salah satu tempat wisata paling menarik di Baturaden Purwokerto adalah Teater Alam Baturaden. Teater ini berupa bioskop yang bentuknya menyerupai sebuah pesawat terbang. Yah, Pesawat jenis Foxer 28 miliki Garuda Indonesia itu berdiri megah di atas tanah seluas 600 meter. 


Tidak seperti bioskop-bioskop pada umumnya, bioskop ini tidak menayangkan film Hollywood atau film-film horor Indonesia, akan tetapi menayangkan film-film tengang budaya dan keindahan alam Indonesia, seperti peristiwa meletusnya Gunung Merapi, Bencana Tsunami, Cerita Budaya TMII, dengan durasi antara 10-15 menit. Untuk bisa menikmati sensasi nonton film di atas pesawat ini Anda cukup membayar Rp5000 per-orang. Cukup murah bukan? 

Bumi Perkemahan 

Objek wisata Baturaden tidak hanya memiliki pemandian air panas, Taman Kaloka Widya, dan juga tetaer alam, di tempat wisata ini juga terdapat bumi perkemahan yang pada tahun 2001 pernah dijadikan sebagai lokasi Jambore Nasional Gerakan Pramuka. Bumi Perkemahan ini bisa Anda jadikan sebagai area camping ground dan juga sebagai area outbond. 

Akses Menuju Baturaden 

Objek wisata Baturaden berlokasi di Kota Purwokerto dan berada di lereng Gunung Slamet. Untuk menuju objek wisata ini bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun alat transportasi umum. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda bisa mencari angkutan umum jurusan Baturaden dari terminal Purwokerto. Setelah itu berhentilah di terminal Lokawisata Baturaden. 

Namun, perlu Anda ketahui bahwa di Baturaden Purwokerto angkot berhenti beroperasi pada jam 16.00 s/d 16.30. Untuk itu perhitungkan waktu perjalanan Anda. Jika angkot sudah berhenti beroperasi, Anda masih bisa menggunakan angkutan lain. Ojek dan taxi adalah satu-satunya alat transportasi yang bisa Anda pilih. Ongkos ojek di Baturaden tergantung jarak tempuh, kemungkinan antara Rp5.000 s/d Rp15.000. 

Apabila Anda datang secara berombongan dan naik kendaraan umum, maka Anda bisa nyarter angkot berwarna hijau. Umumnya, angkot-angkot tersebut mau mengangkut sekitar 10 orang dengan biaya sekitar Rp200.000, saja. Bila dihitung per-orang, maka masing-masing orang akan dikenakan biaya Rp20.000. Kurang dari 10 orang bisa saja, tapi harga carterannya tetap sama. Biaya tersebut sudah termasuk ongkos pergi-pulang, jadi Anda tidak perlu memikirkan ongkos transportasi lainnya.

Fasilitas Yang Tersedia di Baturaden

Objek wisata Baturaden Purwokerto memang sudah cukup terkenal, sehingga sudah banyak fasilitas yang tersedia, di antaranya penginapan dan hotel. Di tempat ini banyak penginapan dan hotel yang menyajikan fasilitas lengkap dan nyaman. 

Jika Anda hobi out bond, di kawasan ini terdapat area camping gorund yang aman dan nyaman. Anda bisa mendirikan tenda di Wana Wisata, yakni hutan hijau yang masih alami, udara yang segar, dan asik untuk menikmati suasana malam. Area ini tidak terlalu jauh dari objek wisata Baturaden kurang lebih 2 kilometer dari pintu masuk Baturaden dan bisa Anda tempuh dengan berjalan kaki. 

Harga Tiket Masuk Di Baturraden

Harga tiket masuk lokawisata Baturaden cukup bersahabat. Anda cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp14.000 per-orang. Harga ini sudah mencakup fasilitas umum, seperti seluncur air, casdane, kolam renang, sepeda air. Sedang untuk memasuki area Pancuran Pitu dan Pancuran Telu ada biaya tambahan sebesar Rp10.000 dan harga tiket masuk teater alam Rp5.000. Objek Wisata Baturaden ini buka mulai jam 06.00 s/d 17.00 WIB.