Informasi Tempat Wisata Indonesia

Post Top Ad

Kamis, 05 Januari 2017

18 Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi

Liburan ke Jogja tidak hanya berkutat di Malioboro, Kraton, Prambanan, atau Ratu Boko. Jika Anda punya waktu lebih, tidak ada salahnya mencoba menjelajahi pantai-pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Yah, Jogja tidak hanya memiliki Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo dan juga Pantai Depok. Jogja memiliki banyak pantai yang memukau, terutama pantai-pantai yang ada di Gunungkidul. Sudah banyak wisatawan yang menjadikan pantai-pantai di Kabupaten Gunungkidul sebagai destinasi wisata untuk mengisi liburan maupun untuk mengusir penat dan kebosanan dalam bekerja. 

Gunungkidul sendiri memiliki puluhan pantai yang semuanya hampir memiliki pasir putih dan air yang jernih. Pantai-pantai di Gunungkidul yang masih alami ini sering dijadikan tujuan para mahasiswa untuk camping bersama teman-teman mereka. Nah, berikut ini adalah 18 pantai terindah di Kabupaten Gunungkidul yang wajib Anda kunjungi.

1.    Pantai Siung

Pantai Siung berjarak kuran lebih 70 Kilometer dari pusat kota Yogyakarta, dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam. Pantai ini banyak didominasi bebatuan karang berukuran besar. Bahkan, penamaan pantai ini juga tidak lepas dari keberadaan batuan-batuan karang tersebut. Di antara bebatuan karang di pantai ini, ada satu batu karang yang bentuknya menyerupai gigi kera atau yang sering disebut dengan “Siung Wanara.” Batu yang mirip siung kera inilah yang menginspirasi penamaan Pantai Siung. 

Bagi Anda yang hobi panjat tebing, Pantai Siung merupakan tempat yang cocok untuk menyalurkan hobi Anda. Sejak beberapa tahun terakhir, tebing-tebing yang ada di pantai ini banyak dimanfaatkan untuk melakukan panjat tebing. Di Pantai Siung ini setidaknya ada 250 lebih jalur panjat  tebing. Selain panjat tebing, bagi Anda yang hobi camping, di Pantai Siung ini juga terdapat area camping ground yang bisa Anda jadikan sebagai area untuk mendirikan tenda dan menikmati semilirnya angin malam di Pantai Siung bersama teman-teman Anda. 


2.    Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal merupakan salah satu dari jajaran pantai yang ada di Gunungkidul, dan merupakan salah satu pantai paling indah di Jogja. Pasir pantai ini putih bersih dan airnya sangat jernih. Seperti halnya Pantai Siung, Pantai Pok Tunggal juga dikelilingi tebing-tebing tinggi, di mana tebing-tebing ini membentuk panorama alam yang sangat memesona. Pantai Pok Tunggal bisa dibilang pantai baru, sebab pantai ini mulai popular pada tahun 2012. Meski termasuk pantai baru, Pantai Pok Tunggal memiliki keunikan yang tidak dimiliki pantai-pantai lainnya. Di pantai ini terdapat sumber air tawar yang mengalir dari aliran sungai bawah tanah. Adapun penamaan pantai ini diambil dari sebuah pohon yang ada di sana.

Untuk informasi lebih lanjut silakan baca: Pantai Pok Tunggal Gunungkidul Yogyakarta Indah Tiada Tara

3.    Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Sawal adalah pantai di Gunungkidul yang memiliki panorama alam yang Indah. Nama Indrayanti sebenarnya adalah nama sebuah café yang ada tepat di bibir pantai ini. Nama yang sebenarnya adalah Pantai Pulang Sawal, namun karena banyak wisatawan yang menyebut pantai ini dengan sebutan Pantai Indrayanti, akhirnya nama Pulang Sawal dirubah menjadi Indrayanti. 

Pantai Indrayanti memiliki panorama alam yang indah, airnya bersih, pasirnya lembut dan tidak ada sampah berserakan. Fasilitas di pantai ini juga cukup lengkap, mulai dari café, penginapan, dan restoran, semua tersaji di tempat ini. 

Seperti halnya pantai-pantai yang ada di Gunungkidul lainnya, pantai ini juga dikeliling bebatuan karang. Dan agar pengunjung bisa menikmati pantai dengan nyaman, terdapat pula gazebo-gazebo yang bisa dijadikan tempat untuk bersantai sembari menikmati keindahan Pantai Indrayanti. 


4.    Pantai Sundak

Pantai Sundah memiliki panorama alam yang cukup indah. Selain itu, pantai ini juga menyimpan sejarah yang cukup panjang. Dulu sekitar tahun 1976, ada seekor anjing milik warga sekitar yang bermain ke dalam gua. Di dalam gua itu si anjing bertemu dengan seekor landak laut. Karena anjing itu kelaparan, ia pun berusaha memangsa si landak. Akhirnya terjadilah perkelahian antara anjing dan landak. Si landak kalah, dan sang anjing berhasil memakan separo dari tubuh landak.

Perkelahian itu akhirnya diketahui si pemilik anjing yang melihat binatang piaraanya membawa bagian dari tubuh landak. Si pemilik anjing tersebut kemudian masuk ke dalam gua. Di dalam gua si pemilik anjing melihat potongan tubuh landak yang sudah tercabik-cabik akibat gigitan anjingnya. Dari peristiwa itulah, pantai ini dinamakan Pantai Sundak, yang diambil dari kata Asu yang berarti Anjing dan Landak. Sebelum dinamakan Pantai Sundak, pantai ini bernma Wedibelah.  

5.    Pantai Krakal

Pantai Krakal adalah pantai yang terletak di Kecamatan Tanjungsari. Pantai ini memiliki view yang sangat indah, pasir putih yang lembut dan ombak yang ramah. Di pantai ini terdapat banyak biota laut yang bisa Anda lihat di balik bebatuan karang yang banyak tumbuh di bibir pantai. Bagi yang hobi berselancar, ombak di Pantai Krakal ini sangat cocok untuk menyalurkan hobi Anda. Tidak hanya itu, pantai ini juga memiliki banyak fasilitas, mulai dari tempat parkir, WC umum, restoran sampai penginapan.


6.    Pantai Baron

Pantai Baron merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di Jogja. Pantai ini berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Salah satu yang menjadi daya tarik pantai ini ialah keberadaan sungai air tawar bawah tanah yang mengalir ke laut. Bagi Anda pecinta Sea food, pantai sangat cocok bagi Anda. Sebab, di pantai ini terdapat pelelangan ikan, di mana Anda bisa membeli ikan-ikan hasil tangkapan para nelayan, dan memasaknya di warung-warung yang ada di sekitar pantai. Pada bulan-bulan tertentu, tepatnya pada tanggal 1 suro dalam penanggalan Jawa, Pantai Baron dijadikan sebagai tempat upacara sedekah laut.

7.    Pantai Kukup

Pantai Kukup merupakan pantai di antara jajaran pantai yang cukup terkenal di Jogja, yaitu Pantai Baron dan Pantai Krakal. Maka wajar jika banyak orang menyebutnya sebagai Trio Pantai untuk menyebut tiga pantai yang sangat indah, yakni Baron, Krakal, dan Kukup. Seperti halnya Pantai Baron dan Krakal, Pantai Kukup memiliki pasir putih yang lembut dan air yang jernih. Di pantai ini terdapat sebuah batu karang yang menjorok ke laut yang mengingatkan kita akan keberadaan Pantai Tanah Lot Bali.

Untuk informasi lebih lanjut silakan baca: Pesona Objek Wisata Pantai Kukup Gunungkidul Yogyakarta

8.    Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran selain memiliki panorama alam yang memesona, juga sarat akan unsur-unsur sejarah dan budaya. Pantai ini memiliki empat tempat ibadah untuk empat kepercayaan yang berbeda. Salah satu tempat ibadah yang paling tua ialah sebuah bangunan mirip pura. Menurut cerita masyarakat setempat, bangunan tersebut dibangun untuk menyambut kedatangan Brawijaya V, salah seorang keturunan Raja Majapahit. Selain pura, ada juga masjid yang menghadap langsung ke arah pantai, sehingga bagi yang ingin menunaikan ibadah salat, tidak perlu lagi bingung memikirkan arah kiblat. 

9.    Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan lokasinya tidak jauh dari Pantai Ngobaran. Di sekitar pantai ini terdapat bukit-bukit kapur yang menjulang tinggi dan menciptakan panorama alam yang sangat indah. Dan pada waktu-waktu tertentu, tepatnya pada Hari Raya Nyepi umat Hindu, di Pantai Ngrenehan ini diadakan upacara Melasti. Salah satu hal yang menarik di pantai ini ialah, kita bisa menyaksikan dari dekat berbagai aktifitas nelayan, mulai dari membersihkan perahu, merajut jaring dan mengangkat hasil tangkapan. 

10.    Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang termasuk pantai baru bila dibandingkan pantai-pantai yang ada di Gunungkidul lainnya. Pantai ini berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Karena termasuk pantai baru, pantai ini relatif sepi, belum banyak bangunan permanen, dan hanya ada gubug-gubug sederhana bertapkan rumbia. Bagi Anda yang sedang galau, tempat ini sangat cocok bagi Anda. Selain pantainya yang masih sepi, ombak pantai ini juga sangat menenangkan. Anda juga bisa menyegarkan pikiran dengan berjalan santai menyusuri garis pantai yang panjang.

11.    Pantai Drini

Salah satu daya tarik dari Pantai Drini ini ialah keberadaan sebuah pulau kecil yang membelah pantai penjadi dua bagian, yakni bagian barat dan bagian timur. Jika ingin menikmati pantai ini lebih jelas, Anda bisa berjalan ke pulau tersebut. Adapun nama pantai ini diambil dari nama tumbuhan yang banyak tumbuh di pulau kecil tersebut. Tumbuhan itu ialah tumbuhan santigi yang oleh masyarakat sekitar disebut dengan nama Drini, sehingga pantai ini dinamakan Pantai Drini.


12.    Pantai Sadranan

Pantai Sadranan berjarak kurang lebih 70 Km dari pusat Kota Jogja, dan bisa ditempuh dalam waktu 2 jam. Pantai ini bisa dibilang masih cukup sepi, sehingga pantai ini masih sangat asri. Pantai Sadranan memiliki pasir putih yang lebut, dan airnya jernih kebiruan, sehingga membuat orang betah untuk berlama-lama bermain air di pantai ini. 


13.     Pantai Jogan

Pantai Jogan berada tidak jauh dari Pantai Siung. Sayangnya, keberadaan pantai ini tidak banyak diketahui orang. Padahal, pantai ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Salah satu yang menjadi daya tarik pantai ini ialah keberadaan air terjun yang airnya langsung jatuh ke bibir pantai. Jika berkunjung ke tempat ini, kita bisa bermain di air terjun tersebut sembari menikmati keindahan alam Gunungkidul di Pantai Jogan. 

14.    Pantai Wediombo

Meskipun namanya adalah Wediombo yang berarti pasir lebar atau luas, tetapi pantai ini tidak seluas namanya. Pantai yang berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo ini letaknya agak ke bawah, sehingga ketika berkunjung ke pantai ini, kita harus menuruni beberapa anak tangga. Meskipun sedikit melelahkan, tapi rasa lelah kita pasti akan terobati ketika melihat keindahan Pantai Wediombo ini. 


15.     Pantai Jungwok

Pantai Jungwok berada tidak jauh dari Pantai Wediombo, bahkan jika Anda ingin pergi ke Pantai Jungwong dari Wediombo menuju Pantai Jungwok bisa Anda lakukan dengan jalan kaki. Pantai Jungwok ini sama dengan pantai-pantai yang ada di Gunungkidul lainnya, pasirnya putih, airnya jernih dan dikelilingi batuan karang raksasa yang membentuk panorama alam yang sangat indah. 

Pantai ini tidak terlalu ramai, bahkan bisa dibilang masih sepi, dan belum banyak diketahui orang. Bagi kamu yang suka mencari tempat-tempat wisata baru, Pantai Jungwok ini patut Anda kunjungi. 


16.    Pantai Sadeng

Pantai Sadeng menyimpan sejarah yang panjang. Pantai ini awalnya adalah muara Sungai Bengawan Solo. Akibat proses geologi yang terjadi ribuan tahun lalu, yakni ketika lempeng Austria menghantam pulau Jawa dan menyebabkan pulau Jawa sedikit terangkat telah merubah aliran Sungai Bengawan Solo. Jalur aliran Sungai Bengawan Solo yang telah berubah tersebut kini menjadi destinasi wisata yang cukup indah.

17.    Pantai Nglambor

Bagi kamu yang hobi snorkeling, Pantai Nglambor adalah salah satu pantai yang cocok untuk menyalurkan hobi Anda. Ombaknya yang tenang dan pemandangan bawah laut yang menawan pasti akan membuat aktivitas snorkeling Anda menyenangkan. Aneka biota laut, ikan-ikan kecil berwarna-warni dan bebatuan karang yang cantik, adalah pemandangan yang bisa kita dapatkan ketika melakukan snorkeling di Pantai Nglambor.

18.    Pantai Ngeden

Pantai Ngeden terletak di Pedukuhan Bedalo, Desa Krambilsawit, Kec. Saptosari. Pantai ini memiliki ombak yang cukup tinggi dan areanya tidak terlalu luas. Meski demikian, pantai ini cukup bersih, karena memang pantai ini masih sepi pengunjung. Di pantai ini ada banyak hal-hal menarik yang bisa Anda lakukan, seperti berjalan melewati jalan setapak yang berakhir di sebuah bukit. Di mana di atas bukit tersebut terdapat gardu pandang. Dan di atas bukit ini juga pemandangan Pantai Ngeden akan terlihat semkin jelas.