Informasi Tempat Wisata Indonesia

Post Top Ad

Jumat, 31 Maret 2017

Pantai Batu Karas Pangandaran – Destinasi Menarik untuk Bermain Selancar

Pantai Batu Karas Pangandaran – Satu lagi destinasi wisata di Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Ciamis yang sayang untuk dilewatkan. Namanya Pantai Batu Karas, yakni sebuah pantai yang memiliki panorama alam begitu luar biasa. Pantai yang langsung menghadap ke Samudra Hindia ini juga merupakan spot yang menantang untuk berselancar.

Pantai Pangandaran boleh jadi sebagai destinasi wisata unggulan Kabupaten Ciamis, namun pesona Pantai Batu Karas Pangandaran ini tidak kalah indahnya dengan pantai yang sudah sejak lama terkenal di kalangan wisatawan itu. Yah, Pantai Batu Karas seolah-olah merupakan perpaduan antara dua pantai yakni Pantai Pangandaran dan Pantai Batu Hiu. Di mana kondisi alam di pantai ini masih alami, belum banyak wisatawan sehingga suasana relatif sepi dan tenang. Ketenangan dan sejuknya alam pantai sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat bersantai, maka wajar jika banyak wisatawan yang betah berlama-lama di pantai ini.


Pantai Batu Karas yang lokasinya kurang lebih 30 Kilometer dari Pantai Pangandaran merupakan pantai dengan bibir pantai yang landai. Sepanjang bibir pantai terdapat pepohonan yang rindah, sehingga pantai ini tampak asri, dan memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan.

Lokasi Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas terletak di Jl. Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat. Lokasinya kurang lebih 30 kilometer dari Pantai Pangandaran. Untuk sampai ke lokasi pantai ini tidak terlalu sulit. Rute termudah yang bisa Anda lalui ialah dari jalur Pantai Pangandaran, perjalanan dilanjutkan menuju ke daerah parigi, kemudian ke Cijulang. Lihat papan petunjuk jalan menuju Pantai Batu Karas.

Rute ke Pantai Batu Karas Pangandaran

Rute dari Jakarta ke Batu Karas Pangandaran:

Jakarta – Tol Cikampek – Tul Purbaleunyi (Cipularang) – keluar Pintu Tol Cileunyi – Cileunyi – Rancaekek – Baypass Parakanmuncang – Nagreg – Lembang – Malangbong – Ciawi – Jamanis – Flayover Rajapolah – Cihaurbeuti – Sindangkasih – Cikoneng – Ciamis – Cijeungjing – Banjar – Banjarasari – Padaheurang – Kalipucang – Pangandaran – Parigi ¬– Cijulang – Batu Karas.

Rute dari Bandung ke Batu Karas Pangandaran:

Bandung – Keluar pintu Tol Pateur – Tul Purbaleunyi (Cipularang) – keluar Pintu Tol Cileunyi – Cileunyi – Rancaekek – Baypass Parakanmuncang – Nagreg – Lembang – Malangbong – Ciawi – Jamanis – Flayover Rajapolah – Cihaurbeuti – Sindangkasih – Cikoneng – Ciamis – Cijeungjing – Banjar – Banjarasari – Padaheurang – Kalipucang – Pangandaran – Parigi ¬– Cijulang – Batu Karas.

Rute dari Jogja ke Batu Karas Pangandaran:

Jogja – Wates – Purworejo – Kutoarjo – Kebumen – Gombong – Wangon – Karangpuncung – Majenang – Banjar – Banjarsari – Padaheurang – Kalipucang – Pangandaran – Parigi – Cijulang – Pantai Batu Karas.

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara menuju ke Pantai Batu Karas silakan lihat google maps di bawah ini:



Fasilitas di Pantai Batu Karas Pangandaran

Fasilitas yang menjadi unggulan Pantai Batu Karas Pangandaran ini ialah persewaan alat selancar. Di pantai ini Anda bisa menyewa peralatan selancar di persewaan-persewaan yang banyak bertebaran di pinggir pantai. Harga masing-masing peralatan ini bervariasi, untuk papan selancar profesional dibandrol seharga Rp75.000/hari, dan untuk papan spons dibandrol dengan harga Rp10.000/sewa.


Selain persewaan papan selancar, di Pantai Batu Karas Pangandaran ini juga terdapat banyak penginapan dengan harga yang cukup terjangkau. Nah, jika Anda ingin lebih leluasa menikmati keindahan pantai, maka cobalah untuk menginap di salah satu penginapan yang ada di pantai ini, di jamin, suasana malam Anda akan menyenangkan.

Jika Anda pemburu kuliner, jangan khawatir di sepanjang Pantai Batu Karas Pangandaran ini terdapat banyak rumah makan yang menyajikan aneka menu khas daerah Pangandaran serta berbagai olahan sea food. Setelah kenyang, rasanya kurang pas jika berkunjung ke tempat wisata tidak membeli oleh-oleh. Nah, di pantai ini banyak terdapat penjual souvenir, seperti kerajinan dari bahan kerang laut atau kaos khas Pantai Batu Karas.

Serunya Selancar Di Pantai Batu Karas

Objek wisata Pantai Batu Karas Pangandaran ini terkenal memiliki ombak yang biasa, tapi cukup menantang. Airnya pelan tapi gelombang ombaknya tinggi, sebuah kombinasi harmonis sehingga cocok untuk dijadikan sebagai area berselancar. Banyak wisatawan yang mengatakan bahwa objek wisata ini sebagai miniatur wisata bali. Sebab, pantai ini menawarkan pengalaman surfing yang tidak akan terlupakan.


Ada tiga titik spot surfing di Pantai Batu Karas Pangandaran ini, yakni, Bulak Pendek, Legok Pari dan Karang. Bulak Pendek, mempunya ciri khas ombak yang membentuk dinding tinggi dan panjang. Spot surfing ini cocok bagi para peselancar profesional. Namun, untuk mencapai spot ini Anda harus menyewa perahu terlebih dahulu.

Untuk para peselancar pemula, Lengok Pari adalah tempat yang tepat untuk berlatih selancar. Di sini ombaknya terbilang aman dan juga tidak begitu tinggi. Dan spot terakhir ialah Karang. Di tempat ini peluang untuk berselancar ialah ketika laut sedang pasang. Sebab, ketika laut sedang surut, Karang, seperti namanya, tempat ini banyak ditumbuhi bebatuan karang.

Selain berselancar, ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Pantai Batu Karas Pangandaran ini. Di pantai in Anda bisa bermain Jet Sky, Banana Boat, atau naik kereta kuda untuk berkeliling menyusuri pantai. Bagi kamu yang hobi berpetualang, di kawasan pantai juga terdapat area untuk hiking dan berkemah. Jika Anda ingin yang lebih menantang Anda bisa pergi ke Karang Nunggal, yakni sebuah pantai mungil dan terpencil. Bebatuan tinggi dan kokoh serta deburan ombak yang membentuk alunan musik menjadikan suasana alam pantai pangandaran semakin indah.

Hotel di Pantai Batu Karas

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, bahwa di sekitar Pantai Batu Karas Pangandaran ini terdapat banyak penginapan dan hotel dengan harga yang bervariasi. Jika Anda ingin mengenal tentang budaya, etika dan rutinitas masyarakat setempat, maka Anda bisa menyewa hunian masyarakat.

Banyak penginapan dan hotel di kawasan Pantai Batu Karas yang menawarkan harga cukup terjangkau, seperti Hotel Java Beach, Hotel Pondok Putri, Bonsai Bungalows, Hotel Teratai, Hotel Hi dan Low, Sunrise Resort, Reef Hotel, Villa Monyet dan Hotel Sindang Asih. Jika Anda berniat untuk menginap di hotel-hotel tersebut atau ingin mencari hotel yang dekat dengan Pantai Batu Karas, Anda bisa booking terlebih dahulu lewat Traveloka atau Agoda.

Cafe Resto di Batu Karas Pangandaran

Bagi Anda pemburu kuliner atau sekadar untuk memanjakan perut, di Batu Karas terdapat banyak restoran dan warung makan yang menyajikan aneka menu sea food serta makanan khas daerah setempat.

Tiket Masuk Objek Wisata Batu Karas
  1. Pejalan Kaki 1 Orang Rp1.500,- 
  2. Sepeda Motor Rp3.900,- 
  3. Kendaraan Jenis Jeep/Sedan Rp9.200,- 
  4. Kendaraan Jenis Carry Rp17.200,- 
  5. Kendaraan Penumpang Besar Rp22.200,- 
  6. Bus Kecil Rp32.700,- 
  7. Bus Sedang Rp49.500,- 
  8. Bus Besar Rp80.500,-