Informasi Tempat Wisata Indonesia

Post Top Ad

Selasa, 07 Februari 2017

5 Pantai di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

5 Pantai di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi – Kabupaten Banyuwangi banyak menyandang julukan seperti “Bumi Blambangan,” “Kota Banteng,” “Kota Pisang,” dan terakhir adalah “The Sunrise of Java”. Banyuwangi terletak di ujung paling timur pulau Jawa, sehingga secara alami wilayah ini akan mengalami matahari terbit paling awal untuk seluruh pulau Jawa. Bumi Blambangan ini rupanya menyimpan banyak potensi wisata. Baik wisata alam, sejarah, budaya, hingga wisata religi dapat kita temukan di sini. Di antaranya:

Mata Air Sumber Urip

Mata Air Sumber Urip sehari-harinya ramai dikunjungi warga dari berbagai daerah yang sebagian besar ingin mencari kesembuhan melalui jernihnya mata air tersebut. Mata Air Sumber Urip dipercaya memiliki khasiat pengobatan. Ini tak lepas dari sejarah ditemukannya mata air di salah satu kaki Gunung Raung yang erat kaitannya dengan seorang tokoh besar agama Hindu di Indonesia. 

Pantai Plengkung

Pantai Plengkung berlokasi di bagian tenggara Pulau Jawa, berada dalam gugusan pantai selatan Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Pantai Plengkung dijuluki “The Seven Giant Waves Wonder” oleh para peselancar karena menjadi salah satu tempat berselancar terbaik di dunia. Pantai Plengkung atau lebih populer dengan sebutan G-Land menawarkan ombak yang luar biasa bagi surfer profesional. 

Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi terletak di desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran yang jaraknya cukup jauh dari Kota Banyuwangi. Siapapun yang pergi ke tempat ini tidak akan merasa bosan. Pantainya bersih dengan pasir putih yang indah dan ombaknya yang tidak terlalu tinggi. Karena letaknya yang dekat dengan pegunungan, udara di sekitar pantai yang juga masuk kawasan Taman Nasional Meru Betiri ini pun tidak sepanas pantai pada umumnya. 

Taman Alas Purwo


Taman Nasional Alas Purwo terletak di ujung timur Pulau Jawa. Taman nasional ini masuk ke dalam dua kecamatan sekaligus yaitu Tegaldlimo dan Purwoharjo. Taman Nasional Alas Purwo merupakan kawasan wisata yang sangat komplit. Jika berkunjung ke sana, aktivitas yang bisa Anda lakukan antara lain menjelajah hutan, mengamati flora fauna Alas Purwo, berjemur di pantai, dan berselancar. 

Pantai Sukamade

Pantai Sukamade memiliki tempat penangkaran penyu, untuk mencapai ke pantai ini Anda harus melewati jalan berbatu dan menyebrangi sungai. Kawasan ini layaknya tempat di pedalaman hutan, semuanya masih asri dan belum banyak dijamah oleh wisatawan. Airnya yang hijau dan bening serta pantai yang bersih akan memanjakan mata siapa pun yang melihatnya.