Informasi Tempat Wisata Indonesia

Post Top Ad

Selasa, 12 Juli 2016

Objek Wisata Pantai Klayar Pacitan

Pantai-Klayar-Pacitan
Pantai-Klayar-Pacitan
Objek Wisata Pantai Klayar Pacitan merupakan objek wisata yang menyimpan sejumlah keindahan alam mengagumkan. Di pantai ini kita akan menemukan pesona keindahan dan keunikannya pada hamparan pasir putih, karang raksasa, air mancur alami yang tingginya mencapai 10 meter, dan berbagai batuan karang berbentuk unik yang siap memanjakan mata Anda.

Dilihat dari segi administratifnya, pantai Klayar Pacitan berada di Kecamatan Donorojo, yakni di Desa Kalak, Kab. Pacitan, Jawa Timur atau berada kurang lebih 40 Kilometer dari pusat kota Pacitan. Pantai Klayar merupakan salah satu pantai di Jawa Timur yang mempesona. Meskipun tidak sepopuler Goa Gong atau Pantai Teleng Ria, namun pantai Klayar dikenal oleh masyarakat Jawa Timur sebagai destinasi wisata pantai wajib dikunjungi.

Keindahan pantai Klayar menjadikan pantai ini sebagai salah satu destinasi wisata yang layak dimasukkan dalam rencana perjalanan wisata Anda. Namun perlu diketahui, akses untuk menuju pantai Klayar tergolong sulit. Apabila Anda hendak berkunjung ke pantai Klayar Pacitan, maka Anda akan mendapati sebagian jalan yang belum teraspal utuh dan sebagian badan jalan yang rusak.

Selain itu juga, Anda akan melewati jalanan yang berkelok-kelok, tanjakan serta turun yang curam. Hal ini tentu mengharuskan Anda untuk lebih berhati-hati dalam mengemudi. Namun, ketika Anda sampai di pantai, pesona pantai yang indah siap memanjakan Anda.
Objek-Wisata- Pantai-Klayar-Pacitan
Objek-Wisata- Pantai-Klayar-Pacitan
Permasalahan infrastruktur wisata sebagaimana telah dijelaskan di atas janganlah menjadi persoalan untuk mengunjungi objek wisata pantai Klayar. Sebab, pemerintah lokal telah menyiapkan rencana pengembangan wisata Pacitan. Jika rencana ini berhasil di jalankan maka untuk mencapai lokasi wisata pantai Klayar tidaklah sesulit saat ini. 

Pada hari-hari biasa, kita mungkin hanya menjumpai para nelayan lokal yang sedang beraktivitas. Namun, di ketika libur tiba, pantai Klayar merupakan tempat favorit bagi para wisatawan domestik, bahkan Anda juga bisa menjumpai wisatawan mancanegara.

Salah satu hal yang menarik di pantai Klayar ini adalah dua karang setinggi pohon kelapa yang berada di sisi timur pantai. Batu Karang inilah yang menjadi icon pantai Klayar Pacitan. Di belakang karang tersebut terdapat banyak batuan karang yang berfungsi untuk menahan terjangan ombak laut selatan. 

Hal Menarik di Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar mempunyai banyak tebing dan sebagian di antaranya berlubang akibat terjangan ombak. Selain itu juga di pantai ini Anda akan menemui jajaran pohon kelapa yang sejuk dan nyaman untuk dijadikan tempat bersantai. Namun, di pantai ini Anda tidak diperbolehkan untuk berenang. Hal ini karena ombak pantai Klayar yang cukup besar serta banyaknya tebing sangat berbahaya bagi keselamatan.
Tebing-dan-Bebatuan-di-Pantai-Klayar
Tebing-dan-Bebatuan-di-Pantai-Klayar
Di pantai Klayar ini juga, Anda akan mendengar seruling samudra. Seruling samudera ialah sebutan untuk fenomena alam di mana cekungan pada bagian bawah tebing atau batuan ketika diterjang ombak laut menghasilkan bunyi yang indah laksana bunyi seruling.

Sebuah hal unik lainnya adalah Anda dapat menjumpai patung yang menyerupai bentuk Sphinx sebagaimana yang ada di Mesir. Keunikan ini terbentuk akibat banyaknya tebing-tebing tinggi di kawasan pantai Klayar yang jika dilihat dari kejauhan, menyuguhkan pemandangan laksana patung Sphinx. Anda tentu saja dapat menaiki tebing ini, tetapi sudah sepatutnya menjaga kehati-hatian untuk keselamatan mengingat tebing ini tergolong curam dan tinggi.
Gambar-Pantai-Klayar
Gambar-Pantai-Klayar
Jika Anda melayangkan pandangan ke arah barat dari pantai Klayar, terdapat sebuah tebing karang yang lebih besar dan menjulang dengan ketinggian mencapai hingga 50 meter. Tebing karang ini merupakan salah satu gugusan karang yang ada di kawasan wisata pantai Klayar Pacitan. Pemandangan eksotis dapat Anda bayangkan laksana tempat bersandarnya kapal Nabi Nuh.

Di pantai Klayar, Anda dapat menyaksikan fenomena di mana terjangan ombak yang menghantam bebatuan karang akan menciptakan air mancur yang bahkan tingginya mencapai 10 meter. Pemandangan indah ini adalah akibat semburan kencang air laut yang masuk melalui bagian bawah bebatuan.
Air-mancur-di-pantai-Klayar-Pacitan
Air-mancur-di-pantai-Klayar-Pacitan
Anda juga dapat menyaksikan beberapa warga lokal memanjat pohon kelapa untuk mengambil air deresan. Air ini selanjutnya akan digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan gula jawa. Air yang memiliki rasa manis ini disebut “legen”, Anda dapat mencicipinya di pantai Klayar.
Sunset-Indah-di-Pantai-Klayar
Sunset-Indah-di-Pantai-Klayar
Di kala senja tiba, sunset di pantai Klayar Pacitan adalah salah satu yang menawan. Sejauh mata memandang horizon, Anda akan mendapati suguhan panorama pantai yang indah dengan nuansa alami yang begitu kental.

Rute Perjalanan ke Pantai Klayar Pacitan

Hingga saat ini, belum tersedia angkutan umum yang dapat mengantarkan Anda ke pantai Klayar Pacitan. Cara paling populer ke pantai tersebut adalah dengan membawa kendaraan pribadi, baik mobil atau sepeda motor. Beberapa wisatawan juga menggunakan jasa agensi perjalanan untuk mengantarkan rombongan menuju pantai Klayar ini. Perlu diketahui, dari Goa Gong Pacitan ke pantai Klayar hanyalah berjarak sejauh sekitar 12 km.

Jika Anda dari Jogjakarta, maka rute paling recommended menuju pantai Klayar adalah dengan mengambil jalan melalui Wonosari di Gunungkidul. Daerah yang akan dilalui adalah Pathuk – kota Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur – Punung – Pantai Klayar.
Jika Anda dari Solo, maka arahkan kendaraan Anda menuju Kecamatan Pracimantoro, lalu akan tiba di pertigaan Giribelah, berbeloklah ke kanan hingga tiba di perempatan Kalak. Dari situ, Anda hanya perlu meneruskan perjalanan selama sekitar 1 jam hingga tiba di Pantai Klayar.