Informasi Tempat Wisata Indonesia

Post Top Ad

Sabtu, 25 Juni 2016

OBJEK WISATA AIR TERJUN MADAKARIPURA

Air Terjun Mandakaripura
Air Terjun Mandakaripura
 Air Terjun Madakaripura Jawa Timur adalah tempat wisata alam alam yang mengagumkan,  air yang jatuh dari ketinggian bagaikan tirai yang dilindungi tebing kokoh nan tinggi. Air Terjun Madakaripura, begitulah orang-orang menyebut air terjun ini yang cantik ini. Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun tertinggi kedua di Indonesia setelah Air Terjun Sigura-Gura di Sumatera Utara. Air terjun ini juga tempat meditasi terakhir sang legenda, Mahapatih Gadjah Mada dari Kerajaan Majapahit.
Foto-Air-Terjun-Madakaripura-di-Jawa-Timur
Foto Air Terjun Madakaripura di Jawa Timur
Air Terjun Madakaripura sering disebut sebagai “air terjun abadi” karena curahan airnya yang tidak pernah berhenti mengalir. Air Terjun Madakaripura berada di kawasan Taman Nasional Bromo – Tengger – Semeru. Secara administratif, tempat atau lokasi air terjun ini terletak di wilayah Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo.

Air Terjun Madakaripura berada di dekat Gunung Bromo. Maka dari itu ketika Anda mendaki Gunung Bromo, maka Anda dapat menyempatkan diri untuk menyaksikan keindahan air terjun ini. Air Terjun Madakaripura terletak salah satu kaki bukit di Pegunungan Tengger. 
Jalan-menuju-Air-Terjun-Madakaripura
Jalan menuju Air Terjun Madakaripura

Untuk sampai ke lokasi Air Terjun Madakaripura, Anda harus melewati jalan berbatu serta menyeberangi sungai untuk mencapai pintu masuk air terjun. Di sepanjang jalan menuju air terjun, Anda akan menyaksikan pemandangan hijau nan sejuk yang berada di dinding-dinding tebing sebelah kiri dan kanan jalan. Perjalanan ke lokasi Air Terjun Madakaripura umumnya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan berjalan kaki. Ketika berkunjung ke air terjun ini, disarankan tidak membawa beban yang terlalu berat. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta agar Anda tidak cepat lelah. Selain itu gunakan jasa pemandu perjalanan, agar Anda bisa sampai ke tempat tujuan dan tidak tersesat.

Semakin dekat dengan lokasi air terjun, suara gemuruh air semakin keras terdengar. Jika tidak ingin kebasahan, Anda perlu sedikit berhati-hati saat melintasi dinding tebing karena biasanya ada curahan air yang jatuh dari atas.

Menggunakan payung atau mengenakan jas hujan adalah cara terbaik agar tidak basah. Anda dapat menjumpai banyak penjual kantong plastik dan penyewaan payung sehingga perangkat elektronik seperti handphone dan kamera dapat terlindung.

Anda juga sangat disarankan untuk menggunakan sandal gunung atau sepatu tahan air. Tanah dan bebatuan basah membuat jalanan menjadi licin. Juga terdapat genangan air yang tentu saja akan membuat perjalanan Anda terasa kurang nyaman jika bersepatu biasa.

Mitos Air Terjun Madakaripura
Patung-Gadjah-Mada
Patung Gadjah Mada
Menurut kitab Negarakertagama, kawasan Madakaripura adalah pemberian Raja Hayam Wuruk kepada Gadjah Mada. Saat Anda memasuki lokasi air terjun, terlihatlah patung mahapatih legendaris dari Kerajaan Majapahit tersebut.

Kearifan lokal di sana menyebutkan bahwa Gadjah Mada menjadikan Air Terjun Madakaripura sebagai tempat meditasi terakhirnya. Menurut keyakinan Jawa kuno, di sinilah Gadjah Mada mencapai moksa, yaitu menghilang dari muka bumi secara fisik dan spiritual. Tidak heran bila masih banyak orang datang ke lokasi air terjun ini untuk bermeditasi atau bertirakat, khususnya pada malam tangga 1 Syuro atau malam tahun baru penanggalan Jawa.

Sejauh mata memandang horizon di sana, Air Terjun Madakaripura laksana tersimpan dalam tabung kokoh berketinggian 200 meter. Suasana alami dan sejuk ditambah lumut-lumut basah yang tumbuh di dinding lembab membawa sebuah kesan mistis, terutama bagi mereka yang mengetahui latar belakang air terjun ini.
Menyaksikan keindahan panorama serta mengabadikan momen dengan kamera adalah cara terbaik untuk menikmati pesona Air Terjun Madakaripura. Air terjun yang terus-menerus mengalirkan curah air bepadu indah dengan lumut berkilauan akibat terkena sinar matahari. Tatkala Anda menengadahkan kepala ke arah langit, Anda dapat meresapi pesona indah yang dimilikinya.

Bermain-main air di tempat curahan air terjun ini adalah kegiatan lain yang populer dilakukan para penikmat perjalanan di kawasan wisata Air Terjun Madakaripura. Anda dapat merasakan sejuk dan dinginnya air yang sungguh menyegarkan.

Jangan lupa juga membawa bekal makanan saat berada di lokasi air terjun. Anda dapat menjumpai dengan mudah orang yang berjualan makanan dan minuman di sekitar kawasan Air Terjun Madakaripura.
Gambar-Air-Terjun-Madakaripura
Gambar Air Terjun Madakaripura

Rute Perjalanan ke Air Terjun Madakaripura

Perjalanan menuju Air Terjun Madakaripura dapat ditempuh melalui jalur Surabaya. Tetapi agar lebih mudah, Anda sebaiknya menyewa mobil di Malang atau Surabaya. Bila tidak ingin repot, Anda dapat mengambil paket wisata ke Gunung Bromo yang juga memasukkan destinasi Air Terjun Madakaripura di dalamnya.
Perjalanan dari kota Surabaya menuju Probolinggo memakan waktu kurang lebih 3 jam, Anda akan melewati rute Sidoarjo – Porong – Pasuruan – Probolinggo.

Sesampainya di Probolinggo, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke sebuah daerah bernama Tongas. Di sana, Anda akan menjumpai sebuah pertigaan dengan patokan tugu kecil di tengahnya. Ada penunjuk arah ke lokasi Air Terjun Madakaripura dan Gunung Bromo. Dari sana, perjalanan masih akan berlangsung sekitar 30 menit sebelum penunjuk arah berikutnya terlihat. Anda hanya perlu mengikuti penunjuk jalan tersebut hingga sampai di lokasi.