Informasi Tempat Wisata Indonesia

Post Top Ad

Senin, 28 Maret 2016

Kawah Putih Ciwidey Bandung: Lokasi, Rute Pejalanan, Harga Tiket


Kawah Putih Ciwidey Bandung Selatan merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang paling popular saat ini, terutama bagi para pecinta alam. Lokasi Kawah Putih Ciwidey yang strategis, dikelilingi kebuh teh walini yang cantik, indah dan sangat terawat serta udara yang sejuk akan memanjakan setiap wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.


Sejarah Terbentuknya Kawah Putih Ciwidey


Sesuai dengan namanya, kawah putih Ciwidey ini adalah hamparan kawah vulkanik berwarna putih. Kawah putih ini terbentuk dari bekas letusan Gunung Patuha di sekitar abad ke 10. Dulu, sebelum daerah Kawah Putih Ciwidey ini dijadikan tempat wisata, kawah putih ini dikenal sebagai daerah yang angker. Namun, setelah seorang ahli dari negeri Belanda, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, pada tahun 1873 melakukan penelitian di daerah tersebut menemukan adanya hemparan kawah putih yang indah. 

Sejak ditemukannya kawah putih oleh Wilhelm Junghuhn, Kawah Putih Ciwidey mulai banyak dikenal oleh masyarakat. Pada tahun 1087, Pemerintah Daerah Bandung mulai mengelola tempat ini menjadi objek wisata alam yang diberi nama Kawah Putih Ciwidey Bandung. 



Lokasi Kawah Putih Ciwidey Bandung


Kawah Putih Ciwidey Bandung terletak di Jln Raya Soreang Ciwidey, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat, Indonesia. Pintu masuk ke kawah putih berada pada Kilometer 25 dengan titik koordinat GPS -7 165833, 107, 401944. Dari pintu masuk ke obyek wisata kawah putih kurang lebih 5  Kilometer. 

Dari pintu masuk sampai ke obyek wisata kawah putih bisa ditempuh baik menggunakan kendaraan umum, kendaraan pribadi roda empat maupun sepeda motor. Agar Anda tidak tersesat ketika berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey, berikut ini akan kami jelaskan jalur dan alat transportasi yang digunakan untuk menuju Kawah Putih Ciwidey:

Jalur Transportasi ke Kawah Putih Ciwidey Menggunakan Kendaraan Umum



Jalur Bus: Jika Anda berniat ke Kawah Putih Ciwidey menggunakan bus umum, maka Anda bisa naik bus di Terminal Leuwi Panjang Bandung. Dari terminal Leuwi Pajang kemudian dilanjutkan menggunakan kendaraan umum sebagai berikut:
  • Dari terminal Leuwi Pajang, naiklah bus atau mini bus jurusan Bandung-Ciwidey dan berhentilah di Terminal Ciwidey.
  • Dari Terminal Ciwidey dilanjutkan dengan naik angkutan umum jurusan Ciwidey-Situs Patengang. Umumnya Angkot jurusan Ciwidey-Situs Patengang berwarna Kuning. Kemudian turunlah di depan pintu masuk Kawah Putih.
  • Dari pintu gerbang menuju lokasi Kawah Putih gunakan angkutan yang sudah disediakan pengelola Obyek Wisata Kawah Putih Ciwidey. 


Menggunakan Kereta Api: Kereta api bisa menjadi pilihan utama ketika Anda ingin berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey. Sebab, untuk sampai ke stasiun Bandung, masing-masing kota terutama di Pulau Jawa, jalur kereta api menuju bandung sudah tersedia. Adapun ketika Anda sudah sampai ke Stasiun Kereta Api Bandung kemudian ingin ke Kawah Putih Ciwidey bisa menggunakan Angkot. Berikut penjelasannya;

  • Setelah sampai di Stasiun Bandung keluarlah dengan memilih pintu di sisi utara (Pinggir Jalan Kebon Kawung), lalu naiklah Angkot Jurusan Sadang Serang-Caringin berwarna biru Nomor 34 dan minta untuk diturunkan di Jalan Kopo.
  • Dari Jalan Kopo, naiklah Colt L300 jurusan Bandung-Ciwidey, jika malas menggunakan Colt Anda bisa naik bus Jurusan Bandung-Ciwidey yang turun di Terminal Ciwidey.
  • Dari Terminal Ciwidey dilanjutkan dengan naik angkutan umum jurusan Ciwidey-Situs Patengang, berwarna Kuning. Kemudian turunlah di depan pintu masuk Kawah Putih.
  • Dari pintu gerbang menuju lokasi Kawah Putih gunakan angkutan yang sudah disediakan pengelola Obyek Wisata Kawah Putih Ciwidey. 


Perjalanan menggunakan pesawat: Selain menggunakan bus dan kereta, perjalanan Anda untuk ke Bandung dan mencapai lokasi wisata Kawah Putih Ciwidey bisa menggunakan pesawat. Jika Anda melakukan perjalanan menggunakan pesawat, maka setelah sampai di Bandara Husein, carilah angkot berwarna hijau jurusan Lewi Pajang. Dari Terminal Lewi Pajang kemudian lanjutkan menggunakan mobile Colt L300 atau mini bus jurusan Ciwidey. Dari Ciwidey ke Kawah Putih gunakanlah angkot berwarna kuning dan mintalah turun di depan pintu gerbang Kawah Putih Ciwidey. 

Jalur Transportasi ke Kawah Putih Ciwidey Menggunakan Kendaraan Pribadi


Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka untuk ke Kawah Putih Ciwidey bisa Anda tempuh melalui Tol Purbaleunyi (Pintu Tol Kopo), kemudian belok Kanan menuju Arah Soreang (lihat petunjuk arah jika Anda bingung), dari situ kemudian lanjut ke Ciwidey dan sampai di Lokasi Wisata Kawah Putih Ciwidey.

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey Bandung


Tiket masuk ke Kawah Putih Ciwidey sangatlah murah. Anda hanya butuh mengelurkan uang Rp. 18.000 (per-orang) untuk menikmati indahnya Kawah Putih Ciwidey ini. Harga tiket tersebut berlaku untuk semua wisatawan domestik. Sedangkan untuk turis atau wisatawan asing, harga tiket per-orangnya Rp. 50.000. 

Selain harga tiket masuk ke kawah putih, akan kami jelaskan juga harga parkir kendaraan Motor dan Mobil, sebagai berikut:
Tarif Parkir Bawah.
  • Tarif parkir untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor Rp. 3.000
  • Tarif parkir untuk kendaraan roda empat atau mobil Rp. 6.000
  • Tarif kendaraan roda enam atau bus Rp. 25.000


Dari parkir bawah untuk menuju Kawah Putih masih cukup jauh. Alternatifnya Anda bisa naik Ontang-Anting dengan tarif Rp. 15.000 per-orang.

Tarif Parkir Atas

Tarif kendaraan roda empat atau mobil Rp. 150.00. Untuk parkir atas di dekat kawah putih maka Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 150.000. Cukup mahal memang, namun Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya naik ontang-anting untuk mencapai pinggir kawah putih. 

Jadwal Kunjungan ke Kawah Putih Ciwidey


Kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey mulai dibuka pada pukul 07.00 WIB, dan ditutup pada pukul 17.00 WIB atau jam 5 sore.